Berita ITB

Praktek Kinerja, Siswa Kelas VI MI ITB Buat Plastisin Dari Tepung

Demak (MI ITB Tedunan) – Siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Irsyaduth Thullab Tedunan Demak membuat plastisin atau lilin mainan dari tepung terigu pada praktek kinerja materi pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya, Selasa (01/08/23).

Untuk membuat plastisin tersebut siswa harus menyiapkan bahan-bahan seperti tepung terigu, minyak goreng, air hangat, dan pewarna makanan.

Wali kelas VI Agus Fahmi menjelaskan cara pembuatan plastisin dilakukan dengan mencampurkan tepung terigu, minyak, dan air hangat secara bertahap lalu diberi pewarna makanan kemudian diuleni sampai kalis dan tidak lengket ditangan.

“Setelah itu plastisin bisa dibuat berbagai bentuk kreasi. Plastisin yang dibuat bisa berbentuk ,bunga, buah, hewan , mobil-mobilan, dan sebagainya,” jelasnya.

Ditambahkannya, anak-anak dalam belajar tidak hanya belajar pengetahuan/materi saja, namun yang utama adalah pengalaman dalam praktek membuatnya. 

“Dengan membuat kreasi dari plastisin dapat mengasah keterampilan dan kreatifitas siswa dalam bidang karya seni rupa 3 dimensi,” tambahnya. 






0 comments:

Posting Komentar