Berita ITB

Tingkatkan kompetensi Kepala Madrasah, KKMI Kab. Demak melaksanakan Kunjungan Kerja Ke MI Istiqomah Sambas

Purbalingga-Kelompok Kerja Kepala Madrasah (KKMI) Kabupaten Demak melaksanakan kegiatan Kunjungan Kerja ke Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Sambas Purbalingga pada hari Ahad-Senin,  12-13 November 2023.

Kegiatan Kunker  merupakan salah satu Program kerja KKKMI Kabupaten Demak pada tahun pelajaran 2023/2024. Tujuan dari kegiatan ini diantaranya adalah meningkatkan kompetensi kepala MI di wilayah Kabupaten Demak, memperkuat sinergi dan koordinasi antar kepala MI di wilayah Kabupaten Demak, memperkuat komunikasi dan kolaborasi antar stakeholder dalam mewujudkan madrasah mandiri berprestasi.

Kunjungan kerja KKMI Kab. Demak diikuti oleh seluruh Kepala MI yang ada dikabupaten Demak yang didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama, Kasubag. TU, Kasi Penmad serta seluruh Pengawas RA/MI Kabupaten Demak.

Dalam rangkaian perjalanannya ke MI Istiqomah Sambas, rombong Kunker istirahat di Hotel Surya Yudha Purwokerto. Di Aula Hotel tersebut, dilaksanakan Pembinaan langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Demak, Bpk H. M. Afief Mundzir, S.Ag., M.Si.

"Madrasah saat ini harus membuat branding, agar wali murid kita trust kepada kita". Tandas Kepala Kantor.

Senin (13/11) Sekitar pukul 08.30 Wib, rombongan Kunker sampai di MI Istiqomah  Sambas disambut oleh Bapak/Ibu Guru beserta seluruh stakholder MI Istiqomah Sambas.

MI Istiqomah Sambas yang  terkenal program unggalannya adalah Tahfidz. Selain itu manajemen madrasah yang sudah dilakukan adalah manajemen profesional yakni ISO 21001:2018 Untuk Standarisasi Mutu Pendidikan Tinggi.

Hasil obervasi oleh Kepala Madrasah ITB, MI Istiqomah Sambas memiliki jumlah siswa 1.560 siswa, guru 118. Di MI ada kegiatan Ummi  (pendampingan belajar Al qur'a,  Kelas 1 diampu 2 guru, tidak ada ruang kantor guru (guru tetap dikelas waktu istirahat-mengerjakan administrasi), rapat setiap minggu untuk tiap pararel kelas, rapat semua guru tiap minggu, rapat semua guru semua dibawah Yayasan setiap bulan, rekrutmen guru dari lembaga bukan yayasan, ada antar jemput siswa (kerjasama rekanan). Kegiatan tahfidz dilaksanakan setiap pagi mulai sebelum KBM mapel reguler, ada kelas mulazamah (murni tahfidz, perkelas 15, ada seleksi khusus, target lulus hafal 30 Juz)

0 comments:

Posting Komentar