Berita ITB

SUKSES! Kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MI Irsyaduth Thullab Tahun 2023

Tedunan, 14 Desember 2023 - Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah. Penilaian ini dilakukan secara berkala dalam periode tahunan (setiap tahun sekali) dan empat tahunan.

Kegiatan ini merupakan sistem formal yang digunakan untuk menilai kinerja secara periodik, dan hasilnya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam rangka pengembangan, pemberian reward, perencanaan, pemberian kompensasi dan motivasi.

Terkait dengan pelaksanaan penilaian kinerja kepala madrasah tersebut, Ditjen Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah menyusun petunjuk teknis penilaian kinerja kepala madrasah yang kemudian ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019.

Kinerja kepala madrasah, sebagaimana juknis, dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan. Sehingga kelimanya meliputi:

  • Usaha pengembangan madrasah
  • Pelaksanaan tugas managerial
  • Pengembangan kewirausahaan
  • Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan
  • Hasil kinerja kepala madrasah

Empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah dinilai setiap tahun, sedangkan penilaian komponen kelima (hasil kinerja kepala madrasah) dinilai per-empat tahun sekali. 


Pak H. Suyadi menilai Pengembangan Kewirausahaan MI ITB

Penilaian kinerja kepala madrasah dilaksanakan pada hari Kamis, 14 Desember 2023, pukul 08.30 sampai dengan 11.30.00 WIB, bertempat di Gedung MI Irsyaduth Thullab Tedunan, ditunjuk sebagai Tim Penilai adalah Bapak H. Saekun, S.Ag., M.Pd.I dan Bapak H. Suyadi, S.Ag., M.M., M.Pd.I.

Adapun unsur penilai dalam PKKM ini adalah:

  1. Tim Pengawas Madrasah;
  2. Pengurus Yayasan
  3. Unsur Komite/Orang Tua;
  4. Dewan Guru; dan
  5. Tenaga Kependidikan.

Pelaksanaan penilaian dan checking berkas 

Kedatangan pengawas madrasah disambut oleh keluarga besar MI Irsyaduth Thullab, Dengan acara pembukaan mulai dari sambutan kepala madrasah Bapak Sirojul Munir, S.Pd.I dengan mengucapkan selamat datang, penyampaian gambaran umum tentang keadaan madrasah serta memohon berbagai arahan dan bimbingan dari Tim PKKM atau Pengawas.

Bapak H. Saekun memberikan sambutan sekaligus pembinaan
Dilanjutkan dengan kata sambutan Bapak Pengawas yaitu Bapak H. Saekun, S.Ag., M.Pd.I beliau mengapresiasi dengan berbagai suguhan berkas yang sudah disiapkan oleh madrasah “saya mengapresiasi sekali atas kinerja madrasah sini, begitu banyak berkas yang sudah disajikan dan sangat bagus sesuai instrument PKKM, semoga ini ditingkatkan lebih bagus lagi”. Ucapanya.

0 comments:

Posting Komentar